Sejarah Outbound di Indonesia

SEJARAH OUTBOUND di INDONESIA


Sebelum anda membaca sejarah Outbound di Indonesia sebaiknya anda memahami dulu apa itu pengertian tentangnya,adalah suatu bentuk dari pembelajaran ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di luar maupun didalam ruangan yang dikemas melalui permainan yang efektif dan tidak membosankan.

Outbound masuk ke Indonesia pada tepatnya masih bernama Outward Bound, memang belum ada catatan yang jelas mengenai tahun ataupun lokasi pertama yang digunakan. Namun begitu Outward Bound Indonesia (OBI) secara resmi didirikan Tahun 1990,pendirinya yaitu Djoko Kusumowidagdo. Kemudian mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Indonesia.

sejarah outbound di indonesia

Sama dengan Outward Bound di dunia pada umumnya yang kegiatan ini hanya digunakan untuk kalangan pelaut dan militer saja. Seiring berjalannya waktu kemudian kegiatan ini mulai dipercobakan untuk semua kalangan. Mulai dari Perusahaan,Instansi,Lembaga Pendidikan dan lain sebagainya.
Seiring perkembangan Outward Bound di Indonesia kemudian banyak yang menganggap untuk pengucapan istilah seperti ini teramat susah(orang Indonesia suka yang simple). Setelah itu istilah yang sering digunakan adalah Outbound saja,namun dalam praktek yang dilakukan tetap sesuai dengan tujuan Outbound pada umumnya.

Setelah berkembang dan semakin menyebar luas sepertti sekarang ini kemudian muncul istilah-istilah keren seperti Outing,Gathering,Team Building dan lain sebagainya yang kegiatannya sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu bersifat High Impact dan Low Impact.

TUJUAN OUTBOUND

Banyak yang beranggapan bahwasannya Outbound adalah kegiatan yang tidak ada manfaatnya,hanya buang-buang biaya,tenaga dan fikiran,apakah anda juga seperti itu. Tentu saya yakin tidak jika anda membaca dan memahami artikel ini dengan baik. Tujuan diadakannya kegiatan Outbound :
  • Team Building
adalah bentuk dari peningkatan kerjasama,semakin solid,bersinergi dan kekompakan tim. 
  • Team Work
adalah suatu bentuk kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama.
  • Komunikasi
adalah suatu proses dan sebuah tata cara untuk menyampaikan sesuatu. 
  • Leadership
adalah sebuah kekuatan untuk mempengaruhi unutk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Konsentrasi
adalah proses peningkatan daya fokus dan daya ingat  pemikiran seseorang terhadap sesuatu.
  • Kreatifitas
adalah proses peningkatan daya cipta dan ide-ide baru yang bisa digunakan.
  • Strategi
adalah bentuk perencanaan yang bersifat manajemen demi mencapai tujuan. 
  • Analisa
adalah kemampuan untuk membaca dan mencermati masalah untuk bisa segera dipecahkan.
  • Kenyamanan
adalah bentuk kepercayaan kepada sesuatu atau seseorang.
Bagaimana apakah artikel ini anda anggap bermanfaat ?  Semoga setelah membaca tentang sejarah ini menjadikan anda dengan maksud dan tujuan Outbound yang sebenarnya. Silahkan hubungi marketing kami segera di nomor Telp/WhatsApp 082230910060

artikel terkait : Harga paket Outbound di Pacet

Sejarah Outbound di Indonesia Sejarah Outbound di Indonesia Reviewed by Jasaventura on Senin, Februari 25, 2019 Rating: 5

Fashion

Fashion

Find Us on Facebook